TANGERANG SELATAN, BAN-S/M---Pelaksanaan akreditasi Sekolah/Madrasah (BAN S/M) menjadi salah satu program prioritas Kemendikbud dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan pada Sekolah/Madrasah berdasarkan standar minimal yang ditetapkan. Pada tahun 2017, Kemendikbud melalui BAN SM akan memfasilitasi pelaksanaan akreditasi di Provinsi melalui bantuan pemerintah yang dialokasikan dalam DIPA Balitbang Kemendikbud.
Bekasi, BAN-S/M−Akreditasi sekolah/madrasah merupakan kegiatan penilaian kelayakan satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dan dilakukan oleh BAN-S/M. Pelaksanaan Akreditasi sekolah/madrasah tahun 2017 menjadi cukup penting dan signifikan karena akan menggunakan perangkat akreditasi yang baru.
TANGSEL, bansm.or.id---Dalam melaksanakan program kegiatan untuk tahun anggaran 2017, BAN-S/M mempertimbangkan beberapa hal, antara lain: (1) Pencapaian Renstra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2015-2019; (2) Peningkatan pelaksanaan arah kebijakan Akreditasi Bermutu untuk Pendidikan Bermutu: perangkat, asesor, data, dan manajemen; (3) Pengakuan dan pemanfaatan hasil-hasil akreditasi oleh pengambil kebijakan dan masyarakat; (4) Analisis hasil monev & surveilans; dan (5) Laporan dan raw data sekolah/madrasah dan asesor dari BAP-S/M.
TANGSEL, MENARA62.COM---Pada tahun 2017, akan dialokasikan sekitar 30.000 sekolah/madrasah untuk diakreditasi melalui APBN Kemdikbud tahun 2017. Hal ini disampaikan Abdul Mu’ti, Ketua Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) pada kegiatan Pembukaan Rakornas I BAN-S/M dan BAP-S/M Tahun 2017 di Hotel Shantika Bintaro, Tangerang Selatan.
TANGSEL, bansm.or.id---Penyelenggaraan akreditasi sekolah/madrasah yang bervariasi mengakibatkan perbedaan proses dan hasil sehingga tidak menggambarkan pencapaian standar yang objektif. Selain itu, diperlukan standar, mekanisme, dan proses akreditasi yang baku sehingga secara normatif dapat menjadi pedoman dalam sistem penyelenggaraan akreditasi bermutu guna menjamin pendidikan bermutu.
Data hasil akreditasi SD/MI tahun 2014 menunjukkan standar kompetensi lulusan (SKL) paling rendah dibanding standar akreditasi lainnya. Nilai rata-rata SKL SD/MI 73,5. Standar isi 82,5. Standar Proses 81. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan 77. Standar Sarana dan Prasarana 75,5. Standar Pengelolaan 80.
 In Memoriam,      Inna Lillaahi Wa Inna Ilaihi Raaji’un.   Telah Meninggal Dunia Bpk Dr. Umaedi, M.Ed., pada Hari Ahad, tanggal 18 Januari 2015 pukul 21.00 WIB. Almarhum merupakan Ketua Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) Periode 2006 s.d. 2012.  Almarhum telah dimakamkan di kampung halamannya, Desa Beji, Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, pada hari Senin, tanggal 19 Januari 2015.
JAKARTA - Jumlah realisasi sasaran akreditasi untuk jenjang SLB tahun 2014 sebanyak 268 Sekolah. Dari jumlah tersebut, masing-masing provinsi mengakreditasi dengan jumlah sasaran yang berbeda-beda sesuai dengan kuota yang ditetapkan BAN-S/M untuk tiap provinsi.